Tips Membuat Pancake ala Kafe, by deluniQ

Akhirnya aku bisa tersenyum lebar, kali ini bukan balajar rajutan (crochet) ataupun rajutan boneka (amigurumi crochet) tapi sebuah kudapan yang bernama "pancake". Mungkin kalau di hitung-hitung udah mencoba puluhan kali bikin pancake dengan resep yang sama. Sampai pada akhirnya aq mencoba menambahkan jumlah telur yang biasa ada di resep dan adonan didiamkan selama 30 menit. Hasilnya Tarrraaa.....



Kali ini bener-bener mengembang dan persis kaya yang di kafe-kafe itu kan...kan...kan?
Aku seneng banget gak sia-sia dech, bolak-balik gagal yang gosonglah, bantatlah, dibuang lah, adonan terlalu encerlah....semua itu terbayarkan, aku share dech resepnya.

> Bahan :
Tepung terigu 170 gr
Telur 2 butir
Gula pasir 100 gr (sesuai selera)
Baking Powder 1sdt
Susu Cair 200 cc
Margarin 2 sdm (dicairkan dan dinginkan)
Garam 1/2 sdt

> Cara membuat
Campurkan telur dan gula pasir mixer hingga mengembang, kemudian tambahkan tepung terigu, baking powder, dan garam sedikit demi sedikit sambil terus di mixer. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit, kemudian masukkan margarin yang sudah dicairkan sebelumnya, mixer hingga homogen. Setelah semua tercampur rata diamkan adonan selama 30 menit. Panaskan pan teflon dengan api kecil, kemudian masukkan adonan tutup pan (pakai tutup kaca supaya terlihat) setelah adonan telah mengering dan terlihat bolong-bolong baru diangkat. Sajikan dengan selai atau madu.

> Tips
1. Untuk pan teflon jangan terlalu banyak dioles margarin (bila perlu tidak udah diolesi karena sudah memakai teflon yang anti lengket).
2. Api jangan terlalu besar nanti adonan gosong.
3. Pakai kompor yang ada api lilin ditengahnya jadi matang sempurna dan mengembang.
4. Selamat mencoba ^,^








0 comments :

Post a Comment