Amigurumi Crochet: sharing and tips from deluniQ

Minggu sore 29/1/2012 sejenak aku melepas lelah setelah mengajar di klabs merenda (crochet club), tiba-tiba ada sms di handphone dari salah satu mantan muridku yang isinya tentang hasil merenda dari pekerja borongan atau makloan yang free style crochet (itu sebutan dari temen-temen tobucil kalau merenda dengan jalur cepat tanpa mengikuti teknik yang benar  he he he ^,^). Melihat sms tersebut aq jadi berfikir, jelas saja mereka tidak menggunakan teknik yang benar karena mereka dibayar murah dan harus menghasilkan jumlah yang banyak dalam waktu singkat. Sebenarnya aku sedih dengan fenomena ini, karena penghargaan terhadap hasil karya tangan atau handmade kurang dihargai, tapi disisi lain para pekerja makloan tidak memusingkan sebuah penghargaan, mereka hanya mementingkan upah untuk menyambung hidupnya dengan ketrampilan yang mereka punya. Buat aku sendiri kalau  sudah bisa merenda (crochet) dangan tehnik yang benar kenapa mesti dikerjakan orang lain?! sayang donk ilmunya. Dengan mengerjakan sendiri selain puas dengan hasilnya, kemahiran dan kreativitas justru bisa terpupuk dari seringnya kita berlatih. Bisa menciptakan karya-karya baru dari merenda (crochet) dan pastinya bisa dikembangkan untuk tujuan komersil, tentunya  karya-karya dengan kualitas terbaik. Jadi buat kalian yang sudah belajar di kelas merenda (crochet) Tobucil maupun buat teman-teman yang sudah mahir merenda (crochet) teruslah berkarya dan berinovasi jangan takut untuk mencoba menciptakan hal-hal baru, cobalah mengeksplor mulai dari bahan-bahan yang dipakai, pola-pola yang ada di kombinasikan menjadi sebuah karya terbaik dari jari-jari lentik kalian semua. Salam crocheters forever ^,^


Crochet Tips & Tricks
Semoga foto ini bisa menginspirasi kalian dalam mengkombinasikan benang untuk membuat project amigurumi.



Bahan: Benang katun bali + benang silver untuk bordir (untuk efek blink-blink)

2 comments :

jadi pengen komen juga nih.. saya pernah juga dapat tawaran dari temen utk dibuatkan pesanan bros dalam jumlah banyak tapi harganya muraaah bener.... saya dengan berat hati menolak.. bukannya mau sok jual mahal tapi saya merasa hasil kerja keras saya juga perlu dihargai dengan pantas..
dan memang membuat suatu karya crochet yang baik dan benar butuh waktu yang tidak sebentar dan crochet itu 100% handmade jadi gak bisa disamai dengan produk masal buatan pabrik..

Post a Comment