Art of Handmade: Crochet and Amigurumi

Kata "seni" adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni berasal dari kata "SANI" yang kurang lebih artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa". Mungkin aku memaknainya dengan keberangkatan orang/ seniman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilmu di eropa mengatakan "ART" (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan.


Tapi gak penting juga klo kita ngributin makna ini, karena kenyataannya kalau kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakain memperkeruh suasana kesenian

Handmade means something made by an individual, rather than one made by mass production.
It need not literally mean that no machine at all is used in making it.

Ada yang mendefinisikan handmade kayak diatas.
Pada setuju gak tuh ??

Buat aku sich handmade itu merupakan bagian dari seni yang bisa berbentuk dan berbahan dasar apa saja. Mulai dari yang menggunakan media tanah, kayu, batu-batuan, benang (aku banget ^,^) ...mo natural maupun sintetis....bahkan daun maupun sampah juga bisa digunakan.

Mau individu atau kelompok no problemo....
yang penting kreatifitas dan imajinasi dari tangan si pembuatnya dan menurutku
namanya handmade mestinya eksklusif dan punya harga lebih tinggi dari barang mass production mengingat memerlukan ketekunan dan ketelatenan yang lebih njlimet.
Ini terkadang membuat kita suka gregetan kalau ada orang yang suka memandang sebelah mata tentang produk kita, alhamdulillah aku sering banget ngalamin hal tersebut ^,^. Pernah suatu ketika ada ibu-ibu bertanya kepadaku "mb brapa harga amigurumi bunga ini", ahay beliau terkejut mendengar harga yang saya tawarkan Rp. 150.000,-...dan beliau berkomentar "inikan benangnya murah, adik saya juga bisa crochet, di pasar baru gak segitu amat kok" sambil nggeloyor pergi. Oh my God ...dalam hati aku cekikikan...baru tau ada produk rajutan (crochet), rajutan boneka/boneka rajut (amigurumi crochet) di jual dipasar baru (Bandung), buat temen-temen kasih tau yah kalau ada ^,^. Ini hanya sekedar share loh ^,^
Be Creative and Innovative ...... thats what handmade all about.

0 comments :

Post a Comment